Berapa Kalori Putih Telur Rebus? Seberapa Sehat?

Banyak orang mungkin sudah tahu bahwa putih telur dianggap lebih sehat dibandingkan kuning telur meskipun kandungan gizinya tentu berbeda dan cenderung lebih banyak pada kuning telur. Salah satu kelebihan putih telur rebus dianggap lebih sehat adalah karena jumlah kalorinya. Tapi banyak orang mungkin penasaran. Beberapa kalori putih telur rebus?

Kalori putih telur rebus

Meski sama-sama sehat, tapi sesungguhnya putih telur dan kuning telur memiliki kandungan kalori yang berbeda. Dilansir dari Healthline, dalam satu butir telur ukuran besar, kandungan kalori putih telur sekitar 18 kalori. Sedangkan kalori satu butir telur rebus adalah 71 kalori. Kandungan gizi lengkapnya seperti ini.

Kandungan Gizi Putih Telur

  • Kalori: 18
  • Protein: 4 gram
  • Kolesterol: 0 gram
  • Vitamin A: 0 gram
  • Vitamin B12: 0%
  • Vitamin B2: 11% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B5: 1% dari kebutuhan harian
  • Vitamin D: 0%
  • Selenium: 8% dari kebutuhan harian

Putih telur terdiri dari sekitar 90% air dan 10% protein. Dengan kandungan gizi yang ada di dalam satu butir putih telur, tidak heran jika putih telur rebus sering dijadikan makanan penunjang diet.

Makan Putih Telur Bantu Jaga Kolesterol

Meski demikian, daripada mengonsumsi putih telurnya saja, makan satu butir telur rebus setiap hari dianggap lebih sehat karena memiliki kalori yang cukup untuk aktivitas tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan gizi berupa lemak, protein, vitamin dan mineral yang lebih lengkap sehingga dapat menjaga fungsi optimal organ dan jaringan tubuh.

Tapi jika tujuanmu makan putih telur rebus adalah untuk menjaga kadar kolesterol, bisa jadi itu adalah keputusan yang bagus. Bukan hanya memiliki kelebihan mampu menjaga kadar kolestrol dalam tubuh, selain rendah kalori, makan putih telur rebus juga sangat tinggi kandungan proteinnya dibandingkan kuning telur.

Manfaat Sehat Putih Telur

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Nutrients disebutkan bahwa putih telur dianggap sumber protein paling lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial dalam jumlah yang cukup sehingga mendukung fungsi tubuh yang baik.

Penelitian lain menyebutkan, karena kandungan proteinnya yang tinggi, mengonsumsi putih telur dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya, yatu menekan nafsu makan karena membuat perut kenyang lebih lama.